DETAIL DOCUMENT
ANALISIS NILAI-NILAI EDUKATIF TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “MA YAN” KARYA SANIE B. KUNCORO
Total View This Week10
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
SARI, VINA WULAN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-06-01 06:38:47 
Abstract :
Pembimbing : (1) Dra. Tuti Kusniarti, M.Si, (2) Drs. Hari Sunaryo, M.Si. Beberapa hal yang melatarbelakangi penelitian ini antara lain: (1) karya sastra pada dasarnya mampu memberikan manfaat yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan, (2) seorang sastrawan dalam menciptakan karya sastra selain bertujuan untuk memberi pesan pada orang lain, (3) novel ”Ma Yan” karya Sanie B. Kuncoro mengandung nilai-nilai edukatif yang berguna bagi kehidupan manusia, dan (4) analisis nilai-nilai edukatif tokoh utama yang ada dalam novel ”Ma Yan” dapat memberikan alternatif baru untuk dijadikan materi pengajaran sastra di sekolah. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai edukatif tokoh utama dalam novel ”Ma Yan”, sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi objektif tentang: (1) nilai pendidikan religius tokoh utama, (2) nilai pendidikan watak tokoh utama, dan (3) nilai pendidikan moral tokoh utama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang dimaksudkan untuk memperoleh hasil yang objektif tentang analisis nilai-nilai edukatif tokoh utama dalam novel ”Ma Yan” karya Sanie B. Kuncoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, yaitu teknik pengumpulan data yang menggunakan barang-barang tertulis, sedangkan teknik pengolahan data disesuaikan dengan metode dan pendekatan penelitian yaitu teknik deskriptif kualitatif, artinya deskripsi data yang dinyatakan dalam bentuk kalimat. Bertitik tolak pada tujuan dan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) nilai pendidikan religius tokoh utama dapat dikategorikan menjadi tiga unsur, yaitu syukur, kanaah, dan ikhlas, (2) nilai pendidikan watak tokoh utama dapat dikategorikan menjadi tiga unsur, yaitu Memperlakukan orang dengan hormat, kasih sayang, dan kemauan keras, (3)nilai pendidikan moral tokoh utama dapat dikategorikan mnjadi tiga unsur, yaitu bijaksana, suka menolong sesama, dan amanah hormat dan santun. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang