DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI METODE EKSPLORASI BERMAIN SALALA SISWA KELAS 4 SDN BANJARAN 6 KOTA KEDIRI
Total View This Week5
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
HARTINI,
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-07-19 09:15:10 
Abstract :
Berdasarkan hasil diskusi antar guru kelas IV, maka diperoleh gambaran bahwa mayoritas para siswa merasa cemas menghadapi pembelajaran Matematika. Karena pembelajaran Matematika selama ini merupakan momok dan membosankan. Adapun penyebabnya adalah adanya strategi pembelajaran dan pengelolaan kelas yang kurang menyenangkan dan suasana belajar mengajar di kelas. Strategi dan perencanaan yang dimaksud adalah suatu kegiatan yang menunjuk kepada bagaimana guru mengatur keseluruhan proses belajar mengajar, melapuuti : mengatur waktu, pemenggalan penyajian, pemilihan metode, pemilihan pendekatan dan sebagainya. Untuk itu, dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa guru perlu memperkenalkan metode pembelajaran yang dapat menjadikan suasana belajar siswa yang menyenangkan dan lebih efektif, dengan harapan kondisi kegiatan belajar siswa akan lebih enjoy ( menikmati ) sesuai dengan keinginan belajar siswa. Dengan memperkenalkan model pembelajaran yang dapat melibatkan semua siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar, pencapaian tujuan pembelajaran akan lebih efektif dan hasil kegiatan pembelajaran akan lebih nyata hasilnya. Melalui kegiatan pembelajaran dengan metode eksplorasi bermain salala ini diharapkan hasil belajar Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas 4 SDN. Banjaran 6 Kota Kediri akan diperoleh sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Peneliti mencoba untuk memecahkan masalahnya melalui Metode Eksplorasi Beramain Salala dengan Media Tutup Odol. Yaitu melalui Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I selama 2 jam pelajaran tatap muka pertama, dan siklus II selama 2 jam pelajaran tatap muka kedua. Ternyata melalui cara tersebut mampu menjawab tantangan. Sebagai hasilnya adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebagai berikut : Rerata pada siklus I = 66, pada siklus II = 77. Tingkat pencapaian dan ketepatan dalam mengerjakan soal pada siklus I = kategori sedang, siklus II = kategori sangat tinggi. Mengingat Metode Eksplorai Beramain Salala dengan Media Tutup Odol sangat efektif untuk meningkatakan prestasi belajar, maka disarankan keapada para guru Kelas di semua tingakatan untuk menerapkannya 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang