DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Media Index Card Match Untuk Materi Pecahan Senilai Siswa Kelas 4 SD
Total View This Week12
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
Fridayanti, Tutut
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-10-19 12:31:21 
Abstract :
Keyword : pengembangan, index card match , pecahan senilai Abstrak Kegiatan pendidikan matematika dikemas dengan sebuah media permainan yang bervariatif dapat membuat siswa aktif untuk mengikuti dan berpartisipasi langsung dalam pembelajaran. Pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan media index card match. Index card match merupakan media pembelajaran yang menyenangkan yang digunakan untuk memahami materi siswa yaitu pecahan senilai di mana yang sebelumnya materi sangat sulit dengan adanya media ini lebih memudahkan siswa .Hal ini disebabkan oleh keterbatasan media yang kurang besar dan kurang banyak dalam pembuatan yang membuat siswa terlalu susah untuk menempelkan kartu lebih banyak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development) yaitu, menggunakan model Borg and Gall. Adapun langkah- langkah pengembangan yang di maksud adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data , Desain Produk , Validasi Desain , Perbaikan Desain , Uji coba Produk, Revisi Produk, Ujicoba Pemakaian , Revisi Produk Tahap Akhir, dan Produksi Massal. Penelitian ini hanya sampai pada tahap Uji coba pemakaian. Subyek di lakukan di SDN Resapombo 4 dan SDN Kalimanis 2 dengan menggunakan kelompok kecil sebanyak 4 siswa dan menggunakan kelompok besar sebanyak 14 siswa di SDN Resapombo 4. Sedangkan di SDN Kalimanis 2 kelompok besar menngunakan sebanyak 7 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukan bahwa desain media index card match menunjukan kriteria layak dan tidak perlu direvisi Hasil yang diperoleh dari ahli materi dan media menunjukan kriteria layak hal ini dapat dilihat dari siswa mampu memahami materi yang diberikan serta mampu menngunakan media dengan baik sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran di SDN Resapombo 4 dan SDN Kalimanis 2 menunjukkan kriteria sangat layak dan tidak perlu direvisi dapat dilihat dari nilai siswa dengan menggunakan soal tes . Selain itu, hasil ujicoba produk kelompok kecil di SDN Resapombo 4 dan di SDN Kalimanis 2 menunjukkan kriteria sangat layak hal ini dapat dilihat dari angket yang di berikan guru . Ujicoba kelompok besar di SDN Kalimani 2 dan SDN Resapombo 4 menunjukkan hasil dengan kriteria sangat layak dapat dilihat dari tes yang di berikan guru. Bedasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media index card match dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang