Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
NIKMAH, ULVA CAHYANI KHOIROTUN
Subject
L Education (General)
Datestamp
2016-10-25 02:14:49
Abstract :
Keyword : Keterampilan Bercerita Cerita Rakyat, Picture and Picture
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pelajaran bercerita V SDN 3 Surenlor. Hasil observasi awal menunjukkan siswa hanya membaca cerita yang ada pada buku paket, dan mencari kata-kata yang sulit yang ada pada cerita. Guna meningkatkan keterampilan bercerita di kelas V SDN 3Surenlor peneliti menerapkan model Picture and Picture merupakan model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok dengan menggunakan media gambar yang diurutkan menjadi urutan logis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model Picture and Picture dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi bercerita pada siswa kelas V SDN 3 Surenlor Trenggalek, (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi bercerita setelah diterapkannya model Picture and Picture di kelas V SDN 3 Surenlor Trenggalek.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan tiap siklus satu pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (4) dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 3 Surenlor Trenggalek tahun ajaran 2016-2017. Siswa keseluruhan berjumlah 18 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian dilaksankan mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai 20 Juli 2016.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 3 Surenlor Trenggalek. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus I yang tuntas yaitu sebesar 61% dan yang tidak tuntas sebesar 39% siswa. Pada siklus II yang tuntas sebesar 89% siswa dan yang tidak tuntas 11% siswa.