DETAIL DOCUMENT
PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS ATAS SDN BARENG 4 MALANG
Total View This Week20
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
CITRARASMI, DIAH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-10-25 03:33:12 
Abstract :
Keyword : Penilaian Autentik, Kurikulum, Pembelajaran Tematik, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan adanya penerapan penilaian autentik pada pembelajaran tematik terpadu di SDN Bareng 4. Adanya perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia menjadikan latar belakang yang penting dalam penerapan penilaian autentik. Berdasarkan pemaparan penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi bagaimana penerapan penilaian autentik pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas atas dengan menganalisis untuk mendapatkan fakta-fakta yang ada di lapangan sehingga informasi yang diperoleh dapat dipergunakan dalam mendidik peserta didik untuk meningkatkan prestasi yang dimiliki sesuai dangan kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripisikan penerapan penilaian autentik pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas atas SDN Bareng 4 Malang. (2) mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam penerapan penilaian autentik pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas atas SDN Bareng 4 Malang Kota Malang (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala yang dialami guru dalam penerapan penilaian autentik pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas atas SDN Bareng 4 Malang Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan berperan sebagai observer partisipasi pasif dan pengumpul data di lapangan mulai dari proses awal penelitian sampai dengan akhir penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan penilaian autentik pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas atas SDN Bareng 4 Malang dilaksanakan dengan baik. Penilaian autentik ini meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. (2) Kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran tematik ini sangat beragam diantaranya, kurangnya pemahaman guru terhadap penilaian autentik, kurang adanya fasilitas dan sumber daya manusia yang mendukung pelaksanaan penilaian autentik, banyaknya instrumen yang harus disiapakan. (3) Upaya untuk mengatasi kendala yang dialami guru akan yaitu akan diadakannya pelatihan dan seminar penilaian autentik, menambah tenaga sumber daya manusia untuk dapat membantu menyiapkan instrumen penilaian, memberikan fasilitas terhadap guru 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang