DETAIL DOCUMENT
PELAKSANAAN PENANAMAN NILAI NASIONALISME BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 25 MALANG
Total View This Week24
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
SETYAWAN, RIO PRATAMA YUDHA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2017-10-16 09:30:45 
Abstract :
Pendidikan merupakan upaya dalam membentuk pribadi bangsa Indonesia menjadi manusia yang cerdas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme dan hambatan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme. Pelaksanaan dan hambatan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran serta hambatan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di dalam dan di luar kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas, waka kurikulum, perwakilan siswa SMPN 25 Malang Kecamatan lowokwaru Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMPN 25 Malang telah melakukan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran dan di luar pembelajaran. adapun contoh dari pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran adalah seperti, guru dan siswa selalu menyanyikan lagu Indonesia raya sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan guru juga selalu menyelipkan nilai nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di luar pembelajaran adalah sebagai berikut, ekstrakulikuler Pramuka, upacara hari senin, upacara hari besar, membiasakan memakai baju adat pada hari-hari tertentu, membiasakan bersalaman dengan guru sebelum memasuki kelas. Sedangkan hambatan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di SMPN 25 Malang terbagi menjadi dua yaitu di dalam kegiatan pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran. Di dalam kegiatan pembelajaran meliputi hambatan kompetensi dan kurikulum sedangkan di luar pembelajaran meliputi hambatan lingkungan keluarga. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang