DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS I B SEKOLAH DASAR NEGERI PURWANTORO 1 KOTA MALANG
Total View This Week5
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
KURNIASANTI, RIZKY IKA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2017-10-31 03:22:07 
Abstract :
Sejalan dengan perubahan kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013, maka berubah pula sistem penilaiannya. Kurikulum 2013 menganggap bahwa penilaian autentik adalah penilaian yang tepat untuk menilai hasil belajar peserta didik. SDN Purwantoro 1 Kota Malang telah menerapkan kurikulum 2013, maka penilaian yang digunakan yaitu penilaian autentik. Peneliti menemukan adanya beberapa temuan yang menyatakan bahwa pada kelas I B telah menggunakan penilaian autentik dengan baik. Hal tersebut diketahui dari adanya karya-karya peserta didik yang ditempel di dinding kelas dan kondisi pembelajaran yang ada serta rancangan pelaksanaan pembelajaran yang mendukung untuk pelaksanaan penilaian autentik sebagai tuntutan dari kurikulum 2013, maka peniliti melakukan analisis tentang penilaian autentik yang ada di SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 serta mengetahui solusi yang dilakukan dalam proses penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 pada kelas I B SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu guru kelas I B, peserta didik kelas I B dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan ketekunan penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) guru melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik yang mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap dilaksanakan melalui teknik observasi, penilaian diri dan jurnal, penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui teknik tes tulis, tes lisan dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik tes praktik, projek dan portofolio. (2) faktor pendukung pelaksanaan penilaian autentik yaitu cara mengajar guru, kreativitas guru dan karakteristik peserta didik. (3) faktor penghambat pelaksanaan penilaian autentik yaitu waktu dan kelengkapan instrumen penilaian. (4) solusi yang dilakukan dalam pelaksanaan penilaian autentik yaitu dengan melakukan pelatihan tentang penilaian autentik. Hasil penelitian ini, disarankan untuk dipergunakan sebagai perbaikan sekolah dalam melaksanakan penilaian autentik. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang