DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MENGGUNAKAN METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS (SAS) UNTUK KELAS I SDN JATIMULYO 1 MALANG
Total View This Week5
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
RAHAYU, TRI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2017-11-10 02:55:11 
Abstract :
Menulis merupakan keterampilan bahasa yang harus benar-benar diperhatikan terutama di SD. Pada kenyataannya kemampuan menulis siswa kelas I masih rendah sehingga perlu adanya peningkatan melalui metode yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan penerapan metode struktur analisis sintesis (SAS) dapat meningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas 1 SDN Jatimulyo 1 Malang, dan (2) Menjelaskan peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana menggunakan metode struktur analisis sintesis (SAS) untuk kelas 1 SDN Jatimulyo 1 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan mengunkan pendekatan kualitatif. Sebagai sumber data guru kelas dan siswa kelas 1 SDN Jatimulyo 1 Malang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017 dalam dua siklus yang terdiri dari 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukan (1) penerapan metode struktur analisis sintesis (SAS) untuk siswa kelas 1 SDN Jatimulyo Malang mengunakan langkah-langkah sebagai berikut: a) guru memperlihatkan gambar atau lagu kepada siswa, b) guru memunta siswa membuat kalimat sederhana berdasarkan lagu atau gambar atau lagu, c) guru memberikan contoh kalimat sederhana, d) guru bersama siswa menganalisis kalimat menjadi kata,suku kata dan huruf, e) guru bersama siswa menggabungkan huruf menjadi suku kata, kata dan kalimat seperti semula. (2) mengalami peningkatan sebesar 30,43% pada kemampuan menulis kalimat sederhana siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 52,17% menjadi 82,60%. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa metode struktur analisis sintesis (SAS) dapat dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang