DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013 REVISI PADA SISWA KELAS I DAN IV SDN ROWOGEMPOL I PASURUAN
Total View This Week7
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
ZULFAIDA, TUI JATI NANDA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2017-11-10 03:01:20 
Abstract :
Pelaksanaan penilaian kurikulum 2013 mengalami berbagai revisi, permasalahan yang banyak muncul adalah pelaksanaan penilaian hasil belajar tematik dalam Kurikulum 2013 Revisi guru masih mengalami kesulitan dengan banyakanya penilaian yang dilakukan, sehingga muncul Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standsar Penilaian. Melalui revisi Kurikulum 2013 pelaksanaan penilaian hasil belajar tematik mengalami penyederhanaan diharapkan memudahkan guru dalam proses penilaian. Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan (1) perencanaan Penilaian (2) pelaksanaan penilaian, (3) kendala dan upaya mengatasi kendala penilaian kelas I dan IV di SDN Rowogempol I Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua sumber data primer dan data skunder. Sumber data primer diperoleh dari guru kelas I dan IV SDN Rowgempol I Pasuruan. Sedangkan sumber data skunder diperoleh dari hasil dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara kepada guru kelas I dan IV, observasi proses pembelajaran dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan daa menggunkan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan (1 ) perencanaan penilaian menggunakan semua komponen penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi (2) pelaksanaan penilaian menggunakan penilaian kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Pelaporan nilai rapor disusun secara deskriptif dan angka (3) kendala guru dituntut mentuntaskan hasil belajar (4) upaya yang dilakukan guru memberikan jam belajar tambahan. Hasil analisis penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013 revisi disarankan dapat bermanfaat bagi pihak terkait dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD untuk mengefesiensikan waktu dalam pelaksanaan penilaian, meningkatkan kinerja dalam memberikan jam tambahan belajar sehingga hasil belajar siswa memenuhi KKM, dan membuat aplikasi pengisian nilai yang disesuaikan dengan standar yang sudah ditetapkan. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang