DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PESAN IKLAN VERSI “MURAH ITU IM3” DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KARTU PRABAYAR IM3
Total View This Week4
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
MAS’UD, MAS’UD
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2012-05-09 03:32:14 
Abstract :
Salah satu kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan perusahaan kepada konsumen adalah promosi. Beberapa alat promosi yang sering digunakan dalam proses komunikasi pemasaran yaitu periklanan. Peran periklanan sangat penting, tanpa adanya periklanan yang tepat, produk perusahaan kurang diminati oleh konsumen. Oleh karena itu dalam pesan iklan hendaknya terkandung empat masalah yang benar-benar harus diperhatikan diantaranya: apa yang akan disampaikan (isi pesan), bagaimana disampaikan secara logis (struktur pesan), bagaimana penyampaian secara simbolis (format pesan), dan siapa yang seharusnya mengatakan (sumber pesan) Permasalahan yang sering timbul terkait dengan adanya iklan produk barang maupun jasa di media televisi adalah masyarakat tidak begitu tertarik dengan adanya iklan tersebut, yang disebabkan karena banyak faktor, seperti pesan iklan sulit dipahami, tidak memiliki makna yang jelas, format dan struktur pesan yang tidak menarik, serta sumber iklan dianggap tidak memiliki kredibilitas. Dampaknya adalah banyak pemirsa televisi yang seharusnya sebagai konsumen potensial perusahaan pengiklan, cenderung mengganti channel atau saluran ketika waktu iklan ditayangkan, sehingga diindikasikan memiliki implikasi terhaqdap keputusan pembelian konsumen. Tujuan Penelitian ini adalah untuk pengaruh yang signifikan komponen pesan iklan IM3 versi “Murah Itu IM3” yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan terhadap keputusan pembelian dan mengetahui variabel pesan iklan yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini digunakan metode pendekatan survey yang sifatnya penelitian eksplanasi asosiatif. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi logistic.. Berdasarkan hasil terdapat pengaruh yang signifikan dari komponen pesan iklan IM3 versi “Murah Itu IM3” yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan terhadap keputusan pembelian produk kartu prabayar IM3, di mana variabel isi pesan merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk kartu prabayar IM3. 

File :
i.pdf
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang