DETAIL DOCUMENT
PELAKSANAAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PT. INDOSAT EAST REGIONAL OFFICE SURABAYA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI BIDANG JASA TELEPON SELULER
Total View This Week3
Institusion
Universitas Muhammadiyah Malang
Author
AKHIRIYAH, LAKSMI
Subject
HD Industries. Land use. Labor 
Datestamp
2012-05-26 03:12:55 
Abstract :
Keywords: Integrated Marketing Communication (IMC), Persaingan Bisnis di Bidang Jasa Telepon Seluler Persaingan di bidang jasa telepon seluler saat ini semakin ketat. Hal ini menuntut perusahaan telekomunikasi yang bergerak di bidang jasa telepon seluler untuk senantiasa melakukan inovasi dan pelbagai langkah strategis terutama guna mengamankan sustainability sekaligus memperkokoh daya saingnya. Dalam menghadapi persaingan bisnis di bidang jasa telepon seluler PT. Indosat East Regional Office Surabaya yang merupakan perusahaan telepon seluler terbesar kedua di Indonesia ini harus memiliki strategi khusus untuk menghadapi persaingan bisnis di bidang jasa telepon seluler. Komunikasi pemasaran sendiri memegang peranan penting bagi pemasar namun akibat pergeseran yang terjadi baru-baru ini dari pemasaran massal ke pemasaran terarah mempunyai dampak besar pada sifat dari komunikasi pemasaran. Dengan adanya Integrated Marketing Communication menghasilkan konsistensi komunikasi yang lebih baik dan dampak penjualan yang lebih besar melalui single message. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Integrated Marketing Communication serta strategi PT. Indosat East Regional Office Surabaya dalam menghadapi persaingan bisnis di bidang jasa telepon seluler. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Integrated Marketing Communication sebagai suatu konsep sederhana yang menghubungkan semua komunikasi dan pesan-pesan beserta alat-alat yang ada pada pemasaran untuk bekerjasama dengan selaras (harmonis) dengan tujuan terciptanya pesan tunggal yang dapat membantu konsumen untuk mengetahui tentang perusahaan beserta produknya. Uyung Sulaksana (2003:31) menambahkan bahwa konsep IMC telah diperluas dari sekedar untuk kepentingan pemasaran, menjadi lebih komprehensif dan menyentuh berbagai aspek yang terkait dengan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus sehingga tipe yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian PT. Indosat East Regional Office Surabaya dan subyek penelitian adalah Staf Public Relation, Coordinator serta staf Channel Management, dan Staf Marketing Communication. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi selanjutnya data-data ini dianalisis dengan teknik analisis domain. Domain yang digunakan adalah domain jenis, fungsi, sebab-akibat, rasional dan cara ke tujuan. Adapun untuk keabsahan datanya menggunakan trianggulasi metode. Hasil dari penelitian dapat dijelaskan bahwa PT. Indosat East Regional Office Surabaya telah melakukan Integrated Marketing Communication dalam menghadapi persaingan bisnis di bidang jasa telepon seluler namun belum sepenuhnya mengingat di dalam bauran promosi yang digunakan tidak menyeluruh menyampaikan pesan yang sama (singgle message) sehingga diharapkan PT. Indosat lebih mengoptimalkan pelaksanaan IMC pada semua bauran promosi yang ada. Selain itu konsep IMC sendiri telah diperluas oleh PT. Indosat dengan menyentuh berbagi aspek yang terkait dengan perusahaan seperti visi PT. Indosat Tbk yang telah dijabarkan dalam budaya perusahaan “INSAN GEMILANG”. Sehingga Integrated Marketing Communication tidak hanya dilakukan oleh bagian Public Relation maupun marketing communication namun juga semua bagian karena karyawan adalah seorang marketing (everyone is marketer). Strategi yang dilakukan PT. Indosat Tbk untuk menghadapi persaingan yaitu dengan memperkuat dan memperluas jaringan melalui peremajaan base trainceiver station (BTS), memperbanyak titik-titik layanan konsumen melalui penambahan galeri Indosat dan memperbanyak fitur layanan seluler. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Malang