Abstract :
Kegiatan pembelajaran di sekolah dihadapkan dengan karakteristik
peserta didik yang beraneka ragam. Ada peserta didik yang dapat menempuh
kegiatan belajarnya secara lancar dan berhasil tanpa mengalami kesulitan,
namun disisi lain tidak sedikit pula peserta didik justru dalam belajarnya
mengalami berbagai kesulitan. Dengan demikian perlu bantuan untuk membantu
peserta didik misalnya melalui konseling kelompok. Konseling kelompok akan
membantu peserta didik untuk memecahkan masalah melalui pelaksanaan
layanan konseling kelompok oleh guru Bimbingan dan Konseling dan beberapa
peserta didik sekaligus dalam suatu kelompok kecil dengan menggunakan
prinsip-prinsip dinamika kelompok dan memberikan umpan balik.
Peneltian ini terfokus pada pelaksanaan layanan konseling kelompok
dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1
Batanghari. Adapun tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui pelaksanaan
layanan konseling kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik
SMP Negeri 1 Batanghari.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) penelitian ini
dilakukan dengan partisipasi melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Untuk itu, penelitian ini menggunakan metode diskusi dalam pelaksanaan
layanan konseling kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 1 Batanghari.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan layanan konseling
kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri
1 Batanghari. Melalui beberapa tahap yaitu: tahap pembentukan kelompok,
tahap permulaan, tahap transisi, tahap kerja, tahap akhir dan tahap tindak lanjut.