Abstract :
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media
pembelajaran berupa alat peraga tiga dimensi pada materi bangun ruang yang
memenuhi kriteria valid dan prakis. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dissiminate). Pada penelitian ini
tahap dissiminate tidak dilakukan karena tujuan penelitian ini hanya
menghasilkan produk yang valid dan praktis untuk pembelajaran. Kevalidan
produk ditunjukan melalui penilaian validator yang terdiri dari 2 ahli media dan 2
ahli materi, pada aspek kevalidan media memperoleh rata-rata persentase 88%
masuk dalam kriteria sangat valid, sedangkan kevalidan materi memperoleh ratarata
persentases besar 82% sehingga masuk dalam kriteria sangat valid.
Dengan demikian hasil validasi dari kedua ahli memperoleh rata-rata sebesar 86%
dengan kriteria sangat valid. Selanjutnya hasil analisis dari tahap uji kepraktisan
yang dilakukan pada kelompok kecil yang berjumlah 10 siswa menghasilkan ratarata
persentase 87% sehingga masuk dalam kriteria sangat praktis.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa alat peraga bangun ruang tiga
dimensi memenuhi kriteria valid dan praktis.