Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan
handout matematika berbasis android dengan model contextual teaching and
learning pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian ini merupakan Research
and Development (R&D). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Handout
berbasis android ini dilengkapi dengan model contextual teaching and learning
dengan 7 kompnen utama yaitu kontruktivisme, bertanya, menemukan,
memodelkan, masyarakat belajar, menyimpulkan dan penilaian autentik sehingga
memudahkan siswa dalam belajar karena mengaitkan materi dengan kehidupan
sehari-hari. Hal tersebut tentunya disesuaikan dengan masalah yang ada yaitu
tidak maksimalnya penggunaan buku cetak dalam pembelajaran daring sehingga
dikembangkan handout matematika berbasis android yang mudah dibawa dan
digunakan. Penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap valid dan praktis
dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket validasi produk
oleh ahli dan angket kepraktisan oleh peserta didik. Tingkat kevalidan produk ini
dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli media. Hasil persentase
penilaian validasi ahli materi adalah sebesar 81% serta hasil persentase penilaian
ahli media adalah sebesar 85% dan kedua hasil tersebut termasuk dalam kategori
sangat layak. Tingkat kepraktisan produk ini diperoleh dari hasil angket respon
siswa oleh 10 reponden kelas VII SMP Negeri 6 Terbanggi Besar dengan rata-rata
persentase sebesar 91% dan termasuk dalam kategori sangat praktis.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa produk yang
dikembangkan sangat valid dan praktis untuk digunakan.