Abstract :
Latar belakang masalah yang menyebabkan kekhawatiran dan
kegelisahan terhadap anak maupun orang tua, pendidikan yang semula dengan
metode tatap muka kini berubah menjadi sistem metode jarak jauh yang
disebut dengan daring/online. Para pendidik mengalami kesulitan saat
pembelajaran daring seperti kurang memadainya sarana dan prasarana, kurang
maksimalnya penyampaian materi, beban pembelian kuota internet, koneksi
internet yang kadang menjadi lamban, serta kurang leluasanya guru dalam
menyampaikan materi, dan kurang mengontrol siswa.
Rumusan penelitian yang penulis ajukan adalah ?Bagaimanakah
strategipembelajaranpendidikananakusiadinidimasapandemi COVID-19 di TK
Pertiwi 2 Rajabasa Lama. Adapun tujuan penelitian penulis adalah untuk
mengetahui
bagaimanastrategipembelajaranpendidikananakusiadinidimasapandemi
COVID-19 di TK Pertiwi 2 Rajabasa Lama.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang
bertujuan menggambarkan secara objektif keadaan ditempat penelitian dengan
menggunakan kata-kata atau kalimat. Alat pengumpulan data yang penulis
gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara
untuk mengetahui sejauh mana guru dalam meningkatkan perkembangan
bahasa anak, metode observasi sebagai metode pengamatan atau metode
pokok, sedangkan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian.
Data analisis dilakukan secara reduksi data, display data, dan verifikasi atau
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran
pendidikan anak usia dini di masa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi 2
Rajabasa Lama untuk menambah pengetahuan mengenai strategi pembelajaran
anak usia dini dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi 2 Rajabasa Lama dan
dapat dijadikan informasi yang berguna untuk meningkatkan kualitas
pelayanan belajar mengajar yaitu dengan merancang tujuan, bahan, metode,
alat, serta evaluasiuntuk mencapai tujuan dalam belajar. hal ini dapat dilihat
dari hasil survey peneliti bahwa guru telah semaksimal mungkin dalam
meningkatkan mutu strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini, sehingga
perkembangan guru di TK Pertiwi 2 Rajabasa Lama telah menunjukkan hasil
yang optimal dengan baik (80%).