Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Wati Fajzrina, Lati Nurliana
Subject
Pendidikan Anak Usia Dini
Datestamp
2022-01-27 07:57:35
Abstract :
Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan awal atau madrasah kedua
setelah pendidikan dari orang tua. Dalam penerapan pendidikan ke anak usia dini
sangat mempengaruhi seluruh aspek perkembangan anak terhadap kehidupan anak
dikemudian hari, termasuk peran atau pola asuh yang orang tua terapkan sangat
mempengaruhi perkembangan anak usia dini terkhususnya pada aspek
perkembangan sosial emoisonal. Dengan demikian, yang menjadi permasalahan
pada saat ini adalah tentang bagaimana gaya pengasuhan orang tua terhadap anak
pada masa pandemi covid-19 dan apa sajakah faktor yang mempengaruhi peran
pengasuhan orang tua terhadap pola perkembangam sosial emosional anak pada
masa pandemi covid-19.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya pengasuhan atau peran orang
tua terhadap perkembangan sosial emosional anak kelas bintang pada masa
pandemi covid 19 di Paud Kb Starkids Sukanegara, juga untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat yang mempengaruhi peran pengasuhan orang tua
terhadap pola perkembangan sosial emosional anak pada masa pandemic covid 19
tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan fenomenologi, dan teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi menggunakan analisis deskriptif yang
respondennya merupakan orang tua/wali murid anak pada kelas bintang di Paud
Kb Starkids Sukanegara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pola asuh orang tua terhadap
anak usia dini khususnya pada masa pandemi covid-19 dalam gaya pengasuhan
atau pola asuh yang diterapkan masih terdapat banyak kendala yang dihadapi dan
membawa dampak, baik positif maupun negatif serta adanya faktor pendukung
dan penghambat. Diantaranya interaksi dan komunikasi orang tua dengan anak,
ilmu dan pengetahuan yang dimiliki orang tua, serta gadget atau gawai yang
mempengaruhi anak usia dini.