Abstract :
Penelitian ini difokuskan pada pelaksanaan need assesmen di SMA Negeri 4
Metro. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kegiatan Need Assesmen
yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling, instrumen yang dipakai oleh
guru Bimbingan dan Konseling dalam melakukan Need Assesmen dan hasil
Need Assesmen yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling di SMA
Negeri 4 Metro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang
menghasilkan data berupa keterangan atau informasi seputar pelaksanaan need
assesmen di SMA Negeri 4 Metro. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru
Bimbingan dan Konseling yang berjumlah 3 orang. Pengumpulan data
menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi untuk
mengetahui pelaksanaan assesment, alat yang digunakan dalam assesment,
dan hasil asssesmen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan need
asssement yang dilakukan di SMA Negeri 4 Metro yakni dilaksanakan secara
luring maupun daring. Assesment dilakukan dengan mengikuti prosedur
assesment dimulai dari mengidentifikasi masalah, menguji kelayakan, kerjasama
dengan pihak yang dapat memberikan data, dan menganalisis kebutuhan.
Instrumen assesment yang digunakan oleh guru bImbingan dan konseling
berupa angket dan AUM-U format 2. Dalam AUM terdapat 50 item pernyataan
yang diisi oleh peserta didik mengenai permasalahan ataupun potensi yang
dapat dikembangkan oleh guru bimbingan dan konseling. Hasil Assesment yang
dihasilkan dari proses analisis kebutuhan peserta didik berupa pemetaan
pprogram layanan yang sesuai dengan AUM-U.