Abstract :
Rumusan penelitian yang penulis ajukan adalah “Bagaimanakah
upaya guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui
pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama
I Lampung Timur dan faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam
meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui pembelajaran
daring dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung
Timu?â€. Adapun tujuan penelitian penulis adalah untuk mengetahui upaya guru
dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dimasa pandemi
COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur dan untuk
mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam
meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dimasa pandemi COVID19
di TK Pertiwi
Rajabasa
Lama
I
Lampung
Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang
bertujuan menggambarkan secara objektif keadaan ditempat penelitian dengan
menggunakan kata-kata atau kalimat. Alat pengumpulan data yang penulis
gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara
untuk mengetahui sejauh mana guru dalam meningkatkan perkembangan
bahasa anak, metode observasi sebagai metode pengamatan atau metode
pokok, sedangkan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian.
Data analisis dilakukan secara reduksi data, display data, dan verifikasi atau
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan
perkembangan bahasa anak usia dini dimasa pandemi COVID-19 di TK
Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur yaitu merancang Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang disederhanakan dengan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan RPPM. Selanjutnya, upaya
yang dilakukan guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini
dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur
adalah dengan melakukan indikator aspek perkembangan bahasa anak yaitu
meliputi: merangsang minat anak untuk berbicara, latihan menggabungkan
bunyi bahasa, memperkaya perbendaharaan kata, mengenalkan kalimat melalui
cerita dan nyanyian, serta mengenalkan lambang tulisan. Perkembangan bahasa
anak di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur telah berkembang sesuai
yang dihararapkan, hal ini dapat dilihat dari hasil survey peneliti bahwa tidak
ada anak yang Belum Berkembang atau 0%, Mulai Berkembang sebanyak 2 anak
atau 13,33%, Berkembang Sesuai Harapan sebanyak 8 anak atau 53,34%, dan
Berkembang Sangat Baik sebanyak 5 anak atau 33,33%.