DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DISERTAI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI SMP NAGERI 1 MATARAM BARU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Nurjanah, Nikmatul
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2022-01-28 03:04:37 
Abstract :
Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket validasi dan lembar angket kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) proses pengembangan modul yaitu melalui tahapan yang dilakukan adalah tahap analisis kebutuhan peserta didik, tahapan desain yaitu proses penyusunan kerangka modul, tahapan pengebangan yaitu pembuatan modul pembelajar yang kemudian divalidasi dan di uji kepraktisan. (2) berdasarkan uji validitas, modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) disertai nilai-nilai islam dinyatakan sangat valid dengan presentase kevalidan sebesar 86,6%. Berdasarkan hasil uji kepraktisan, modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) disertai nilai-nilai islam dinyatakan sangat praktis dengan presentase kepraktisan sebesar 90%. Dari hasil validasi yang dilakukan dengan 6 validator ahli materi, desain, nilai-nilai islam dan hasil respon peserta didik pada kelompok kecil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) disertai nilai-nilai islam pada materi aritmatika sosial dinyatakan valid dan praktis 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro