Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk e-modul yang dapat menjadi
alternatif sumber belajar yang layak dipakai dalam pembelajaran baik secara
luring maupun daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang
menggunakan jenis pengembangan 4D model oleh Thiagarajan. Tahapan model
pengembangan
ini pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan
penyebaran. Tahap pengembangan berisi validasi dan revisi. Validasi yang
dilakukan dalam 2 tahap antara lain, validasi ahli desain (oleh 3 dosen), validasi
ahli materi (oleh 2 dosen dan 1 guru), dan validasi ahli soal Higher Order
Thinking Skill (HOTS) (oleh 3 dosen). Validasi dilakukan untuk melihat kelayakan
produk e-modul sebelum diuji ke peserta didik dalam uji coba kelompok kecil.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis OD3R
dilengkapi soal berbasis HOTS termasuk kriteria layak untuk digunakan dalam
pembelajaran pada materi sistem pencernaan dengan kategori sangat baik
berdasarkan tampilan desain 91,7%, isi materi 89,5%, komponen soal HOTS
89%, dan angket respon peserta didik 88,2%. Pengembangan e-modul ini dapat
digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik SMA di kelas XI
IPA semester ganjil pada materi sistem pencernaan. E-modul dapat diakses
setiap saat. E-modul dilengkapi soal berbasis HOTS untuk melatih kemampuan
berpikir tingkat tinggi peserta didik dan mengukur pemahamannya setelah
mempelajari materi. E-modul dapat dibagikan melalui link google drive dan dapat
diakses melalui smartphone maupun komputer.