Abstract :
Sebuah organisasi sangat penting dikalangan pelajar, karena selain untuk
menambah wawasan dan pengetahuan juga sangat membantu peserta didik dalam
mengatur kedisiplinan baik disiplin beribadah juga disiplin belajar. Oleh karena
itu organisasi sangat dibutuhkan disekolah/madrasah untuk menambah wawasan
dalam mengatur kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui : 1) Bagaimana aktivitas berorganisasi Peserta Didik MTs
Muhammadiyah 1 Way Bungur Lampung Timur, 2) Bagaimana Kedisiplinan
Belajar Peserta Didik MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur Lampung Timur, dan
3) Adakah korelasi signifikan antara Aktivitas Berorganisasi dengan Kedisiplinan
Belajar Peserta Didik MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur Lampung Timur.
Metode yang digunakan dalam jenis penelitian bersifat kuantitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, interview/wawancara,
observasi, dan dokumentasi, kemudian data yang telah dikumpul di analisis
menggunakan metode produk moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
adanya korelasi antara aktifitas berorganisasi dengan kedisiplinan belajar peserta
didik MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur Kabupaten Lampung Timur tidak
mempunyai dampak atau pengaruh terhadap kedisiplinan belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Aktivitas berganisasi sangat di
minati banyak peserta didik, bahkan peserta didik dan orang tua sangat bangga
dengan adanya organisasi intra sekolah, 2) Kedisiplinan belajar peserta didik tidak
akan menurun dengan peserta didik aktif berorganisasi, selama peserta didik
tersebut mampu mengatur dan membagi waktu belajar dengan baik, dan 3)
Analisis data ?r? hitung sebesar 0,98, maka dengan demikian koefisien
korelasinya sangat kuat atau tinggi, dimana ?r? berada diantara 0,90 ? 1,00.
Dengan demikian ada korelasi antara aktifitas berorganisasi dengan kedisiplinan
belajar peserta didik MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur Kabupaten Lampung
Timur. Jadi, hasil penelitian ini ada hubungan signifikan antara aktivitas
berorganisasi dengan kedisiplinan belajar peserta didik (H
i
).