DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI NILAI ISLAM PADA PEMBELAJARAN INDIVIDUAL DAN KELOMPOK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Bakti, Hudaya Indra
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2022-02-02 04:09:01 
Abstract :
Hasil belajar IPA seharusnya dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah, memiliki nilai karakter atau sikap yang baik dan terampil dalam melaksanakan suatu prosedur. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang belajar menggunakan model PBL terintegrasi nilai Islam dengan pendekatan pembelajaran secara kelompok dan individual (2) mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa berdasarkan gaya belajar field independence dan field dependence (3) mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa pada model PBL terintegrasi nilai Islam dengan pembelajaran individu dan kelompok ditinjau dari gaya belajar field independence dan field dependence. Metode penelitian menggunakan quasi experiment posttest only control group design. uji penelitian menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, (1) tidak ada perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang belajar menggunakan model PBL terintegrasi nilai Islam dengan pendekatan pembelajaran secara kelompok dan individual dengan signifikansi (0,787 > 0,05) (2) tidak ada perbedaan hasil belajar biologi siswa berdasarkan gaya belajar field independence dan field dependence dengan signifikansi (0,306 > 0,05) (3) tidak ada pengaruh interaksi Antara implementasi model PBL dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi dengan signifikansi (0,306 > 0,05). 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro