Abstract :
Hasil belajar IPA seharusnya dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa
dalam menyelesaikan masalah, memiliki nilai karakter atau sikap yang baik dan
terampil dalam melaksanakan suatu prosedur. Tujuan penelitian ini adalah (1)
mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang belajar
menggunakan model PBL terintegrasi nilai Islam dengan pendekatan
pembelajaran secara kelompok dan individual (2) mengetahui perbedaan hasil
belajar biologi siswa berdasarkan gaya belajar field independence dan field
dependence (3) mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa pada model
PBL terintegrasi nilai Islam dengan pembelajaran individu dan kelompok ditinjau
dari gaya belajar field independence dan field dependence. Metode penelitian
menggunakan quasi experiment posttest only control group design. uji penelitian
menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, (1) tidak ada
perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang belajar menggunakan model
PBL terintegrasi nilai Islam dengan pendekatan pembelajaran secara kelompok
dan individual dengan signifikansi (0,787 > 0,05) (2) tidak ada perbedaan hasil
belajar biologi siswa berdasarkan gaya belajar field independence dan field
dependence dengan signifikansi (0,306 > 0,05) (3) tidak ada pengaruh interaksi
Antara implementasi model PBL dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi
dengan signifikansi (0,306 > 0,05).