Abstract :
Proses pembelajaran merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah, salah
satu prinsip dalam pendidikan adalah peserta didik secara aktif mengambil dalam
kegiatan. Suatu proses pembelajaran dikatakan baik, bila proses tersebut dapat
membangkitkan kegiatan belajar yang efektif, sehingga dapat memperoleh hasil
belajar yang maksimal. Tujuan penelitian yaitu: 1) untuk mengetahui pengaruh
jenis pembelajaran modul terhadap hasil belajar, 2) untuk mengetahui pengaruh
gaya belajar terhadap hasil belajar, 3) untuk mengetahui pengaruh antara jenis
pembelajaran modul dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian
menggunakan quasi experiment posttest only control group design. uji penelitian
menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa:
1) pembelajaran jenis modul berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta
didik, 2) gaya Belajar field independence dan field dependence berpengaruh
terhadap hasil belajar biologi peserta didik, 3) jenis pembelajaran modul dan
gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik, 4)
pembelajaran e-modul berpengaruh dengan gaya belajar field independence , 5)
pembelajaran modul berpengaruh dengan gaya belajar field indepedence.