DETAIL DOCUMENT
PENGARUH JENIS PEMBELAJARAN MODUL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Larasati, Anggia Dwi
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2022-02-02 06:04:10 
Abstract :
Proses pembelajaran merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah, salah satu prinsip dalam pendidikan adalah peserta didik secara aktif mengambil dalam kegiatan. Suatu proses pembelajaran dikatakan baik, bila proses tersebut dapat membangkitkan kegiatan belajar yang efektif, sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian yaitu: 1) untuk mengetahui pengaruh jenis pembelajaran modul terhadap hasil belajar, 2) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar, 3) untuk mengetahui pengaruh antara jenis pembelajaran modul dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian menggunakan quasi experiment posttest only control group design. uji penelitian menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) pembelajaran jenis modul berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik, 2) gaya Belajar field independence dan field dependence berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik, 3) jenis pembelajaran modul dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik, 4) pembelajaran e-modul berpengaruh dengan gaya belajar field independence , 5) pembelajaran modul berpengaruh dengan gaya belajar field indepedence. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro