Abstract :
Pengembangan modul ini didasarkan kepada pentingnya penggunaan
modul bagi peserta didik dalam proses pembelajaran secara mandiri dan adaptasi
proses pembelajaran saat ini yang menuntut untuk menggunakan platform daring
dalam pembelajaran secara maksimal, namun permasalahan yang ditemukan
proses pembelajaran daring yang belum baik karena keterbatasan sosialisasi dan
pemahaman platform daring oleh guru dan peserta didik serta belum
terintegrasinya karakter Islam dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menghasilkan produk berupa pengembangan modul berbasis Elearning
dan
QR
Code
materi
virus
terIntegrasi
karakter
Islam
untuk
SMA
Kelas
X
yang
layak digunakan oleh peserta didik. Serta untuk mengatasi permasalahan
pembelajaran dengan mengembangkan bahan ajar yang lengkap dan sistematis
untuk memfasilitasi pembelajaran baik secara tatap muka maupun secara daring.
Peneltian ini menggunakan model pengembangan yang disarankan oleh
Thiagarajan pada tahun 1974 yaitu define, design, develope dan disseminate.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil persentase validasi yaitu dari ahli materi
dan evaluasi 83%, ahli desain 78%, ahli bahasa 75%, dan ahli nilai karakter
bersumber dari integrasi karakter Islam 79% dan uji coba kelompok kecil dengan
hasil analisis sebesar 86%. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka modul
materi virus terintegrasi karakter Islam berbasis E-Learning dan QR Code untuk
SMA kelas X layak digunakan untuk peserta didik.