DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS E-LEARNING DAN QR CODE MATERI VIRUS TERINTEGRASI KARAKTER ISLAM UNTUK SMA KELAS X
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Ataji, Hafis M. Kaunang
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2022-02-02 06:59:29 
Abstract :
Pengembangan modul ini didasarkan kepada pentingnya penggunaan modul bagi peserta didik dalam proses pembelajaran secara mandiri dan adaptasi proses pembelajaran saat ini yang menuntut untuk menggunakan platform daring dalam pembelajaran secara maksimal, namun permasalahan yang ditemukan proses pembelajaran daring yang belum baik karena keterbatasan sosialisasi dan pemahaman platform daring oleh guru dan peserta didik serta belum terintegrasinya karakter Islam dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa pengembangan modul berbasis Elearning dan QR Code materi virus terIntegrasi karakter Islam untuk SMA Kelas X yang layak digunakan oleh peserta didik. Serta untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dengan mengembangkan bahan ajar yang lengkap dan sistematis untuk memfasilitasi pembelajaran baik secara tatap muka maupun secara daring. Peneltian ini menggunakan model pengembangan yang disarankan oleh Thiagarajan pada tahun 1974 yaitu define, design, develope dan disseminate. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil persentase validasi yaitu dari ahli materi dan evaluasi 83%, ahli desain 78%, ahli bahasa 75%, dan ahli nilai karakter bersumber dari integrasi karakter Islam 79% dan uji coba kelompok kecil dengan hasil analisis sebesar 86%. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka modul materi virus terintegrasi karakter Islam berbasis E-Learning dan QR Code untuk SMA kelas X layak digunakan untuk peserta didik. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro