Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Prasetyo, Alif Ilham Bimo
Subject
Ilmu Komputer
Datestamp
2022-02-02 07:51:57
Abstract :
ABSTRAK
BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Metro merupakan
lembaga non departemen yang langsung di bawah koordinasi dan bertanggung
jawab kepada Kepala Daerah. Selain itu, BAPPEDA (Badan Perencanaan
Pembangunan Daerah) merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan
merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan keberadaannya sebagai
unsur penunjang pemerintah dibidang perencanaan pembangunan daerah.
Berdasarkan hasil pengamatan proses pengarsipan surat di Kantor BAPPEDA
(Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Metro, Maka penulis
merekomendasikan agar dapat meningkatkan kualitas pengarsipan dokumen guna
memudahkan segala pengelolaan dokumen-dokumen surat masuk agar lebih
mudah dan terjamin terekamnya informasi yang terkandung dalam lembaran arsip
dengan melalui aplikasi surat masuk sebagai media pelayanan arsip dokumen
surat yang paling tepat dan dapat mempermudah BAPPEDA (Badan Perencanaan
Pembangunan Daerah) Kota Metro agar lebih aman dibandingkan dengan
pengarsipan dokumen secara manual. pengelolaan arsip di BAPPEDA (Badan
Perencanaan Pembangunan Daerah). Pengamatan selama KKP di bappeeda
Kota Metro masih menyimpan berkas secara manual dan tentunya akan beresiko
kemungkinan terjadinya kerusakan berkas dan hilangnya berkas serta manajemen
arsip yang sulit ditemukan jika sudah banyaknya arsip yang dikelola. Dalam
pengarsipan dokumen surat yang ada di Kantor BAPPEDA Kota Metro memiliki
kekurangan salah satu contohnya hilangnya berkas, kerusakan berkas dan lain
sebagainya. Pengarsipan dokumen seperti surat menyurat tentunya harus sesuai
dengan apa adanya tanpa ada perubahan apapun yang dapat menimbulkan
ketidak jujuran dan penyelewengan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk
melalakukan pengarsipan dokumen dengan mudah menggunakan sistem yang
mampu menyimpan data pengarsipan, menghapus, mengedit dan menambah
pengarsipan. Sistem yang memiliki menu untuk mencari data dan tombol-tombol
yang di perlukan. Sistem yang mampu memberikan keluaran berupa file cetak
pengarsiapan rancangan pembuatan aplikasi pengarispan dokumen surat masuk
menggunakan tahapan pengembangan Metode SDLC (Software Development
Life Cycle). Alat pengembangan sistem yang digunakan antara lain, dfd, erd, dan
flowchart. Pembuatan aplikasi desktop termuat dalam laporan tugas akhir yang
berjudul ?Aplikasi pengarsipan dokumen pada badan perencanaan pembangunan
daerah Kota Metro berbasis Desktop?. Aplikasi yang dibuat dalam bentuk desktop
dan menggunakan fitur upload dokumen sebagai media input arsip dokumen surat
serta hasil surat berbentuk gambar. Kemudian dokumen surat di scan
menggunakan scanner untuk input arsip dokumen surat yang diolah oleh aplikasi
sehingga akhirnya staf bappeda dapat melihat hasil dokumen yang telah
diarsipkan dan dapat diunduh kembali di dalam aplikasi, kemudian data surat bisa
langsung di cetak maupun disimpan berupa file pdf.