Abstract :
Tujuan penelitian
pengembangan yaitu untuk menghasilkan produk berupa Komik Digital dengan
Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman sebagai Media Belajar Biologi pada
Materi Pokok Ruang Lingkup Biologi. Metode pengembangan komik digital ini
menggunakan Model 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Define (pendefinisian),
Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Desseminate
(penyebaran). Berdasarkan hasil analisis data validasi aspek media diperoleh
persentase sebesar 85,2%, hasil validasi dari aspek materi diperoleh persentase
sebesar 90%, hasil validasi dari aspek nilai-nilai keislaman diperoleh persentase
sebesar 94%, hasil validasi dari guru mata pelajaran diperoleh persentase
sebesar 91,5%, dan dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase
sebesar 90,5% yang mencakup aspek media, aspek materi dan nilai-nilai
keislaman. Secara keseluruhan penilaian produk dari validasi ahli dan uji coba
kelompok kecil memperoleh rata-rata sebesar 90% dengan kriteria ?Sangat
Baik?.Disimpulkan bahwa komik digital yang dikembangkan layak untuk
digunakan sebagai salah satu media pembelajaran biologi dengan materi pokok
Ruang Lingkup Biologi di sekolah.