DETAIL DOCUMENT
PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU IPS DI SMP NEGERI 2 BEKRI LAMPUNG TENGAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Priyanto, Dwi
Subject
Manajemen Pendidikan 
Datestamp
2022-02-10 03:47:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Guru IPS di SMP Negeri 2 Bekri Lampung Tengah, supervisi klinis adalah memberikan layanan dan bantuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang dilakukan guru di kelas untuk meningkatkan kualitas mengajar guru. Teknik pengumpulan data yang utama dalam penelitian kualitatif yaitu menggunakan daftar wawancara tertulis kepada informan, data yang diperoleh adalah data kualitatif. Selanjutnya untuk memperkuat dan mengecek validitas data hasil wawancara tersebut, maka dapat dilengkapi dengan observasi atau wawancara langsung kepada informan yang telah memberikan jawaban pertanyaan yang diajukan penulis, atau orang lain yang memahami masalah yang diteliti.. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Bekri. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru dan obyek penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Guru IPS.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi klinis digunakan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Bekri Lampung Tengah untuk menganalisis berbagai permasalahan guru IPS, dan membantu guru IPS untuk memecahkan permasalah dalam hubungannya dengan berbagai kegiatan dalam proses pembelajaran, Supervisi Klinis dilakukan Kepala sekolah dengan lebih menitik beratkan kepada pendekatan kekeluargaan sehingga kepala sekolah dapat membantu memahami kemampuan guru dalam menguasai bahan pembelajaran, mengelola bahan pembelajaran. mengelola kelas, menggunakan media pembelajaran, mengelola interaksi pembelajaran serta menilai prestasi peserta didik yang menjadi fenomena ketidakoptimalan kegiatan yang terjadi di SMP Negeri 2 Bekri Lampung Tengah. Dalam menguasai bahan pembelajaran guru mempelajari secara tekstual sehingga fenomena-fenomena yang muncul sebagai bentuk pembaharuan sesuai dengan kemajuan teknologi 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro