Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan
investasi di Pasar Modal pada mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Metro. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan
investasi di Pasar Modal yaitu financial literacy, overconfidence, modal minimal,
pemahaman investasi, dan risiko. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 313 responden. Dalam penelitian ini teknik
sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling
sehingga memperoleh sampel sebanyak 93 responden. Data dalam penelitian ini
dianalisis menggunakan bantuan program IBM SPSS versi 20 dengan pengujian analisis
regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial literacy,
overconfidence dan modal minimal secara parsial berpengaruh terhadap keputusan
investasi di Pasar Modal. Sedangkan pemahaman investasi dan risiko secara parsial
tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi di Pasar Modal. Serta financial literacy,
overconfidence, modal minimal, pemahaman investasi dan risiko secara simultan
berpengaruh terhadap keputusan investasi di Pasar Modal.