Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) peran kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi profesional guru di SDIT Wahdatul Ummah Kota Metro
Lampung. 2) Mendeskripsikan cara meningkatkan kompetensi profesional guru melalui
peran kepala sekolah sebagai supervisor dan motivator di SDIT Wahdatul Ummah Kota
Metro Lampung. 3) Mendeskripsikan kendala dan solusi peran kepala sekolah dalam
meningkatkan profesional guru SDIT Wahdatul Ummah Kota Metro Lampung.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Menurut Suharsimi Arikunto
(2006:12) penelitian deskriptif merupakan penelitian non hipotesis sehingga dalam langkah
penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis. Hasil penelitian diperoleh data :
a) Perencanaan supervisi sudah dibuat dengan baik oleh kepala SDIT Wahdatul Ummah
Kota Metro Lampung yang bertujuan untuk meningkatkan profesional guru. b)
Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah menggunakan strategi supervisi
langsung yang dilakukan kepala sekolah dan supervisi tidak langsung dengan dibantu
guru-guru senior yang memiliki kompetensi dibidangnya. c) Kepala sekolah melakukan
evaluasi dengan memberi perbaikan dan motivasi kepada guru dari hasil catatan dan
temuan-temuan pada saat pelaksanaan supervisi. Tindak lanjut yang dilakukan terhadap
hasil supervisi adalah dengan mengadakan pelatihan/workshop/IHT, mengikutsertakan
kegiatan KKG dengan guru-guru di sekolah dan guru-guru sekolah lain, menyarankan
guru untuk berdiskusi dengan teman sejawat.