Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) pengalaman
mengajar terhadap profesionalisme guru TK se-Kecamatan Way Jepara; (2)
motivasi mengajar terhadap profesionalisme guru TK se-Kecamatan Way Jepara;
(3) pengalaman mengajar dan motivasi mengajar secara bersama-sama
terhadap profesionalisme guru TK se-Kecamatan Way Jepara. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru
TK Se-Kecamatan Way Jepara yang berjumlah 28 guru. Uji coba instrumen
penelitian dilakukan terhadap 20 guru TK Se-Kecamatan Way Jepara. Teknik
pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis deskriptif; (2) uji
prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas; (3)
uji hipotesis meliputi analisis product moment untuk hipotesis pertama dan kedua
serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga.