Abstract :
Perkembangan sosial media menghasilkan inovasi baru dalam dunia
bisnis yaitu salah satunya adalah kegiatan pemasaran. Penggunaan sosial
media dalam pemasaran bisnis disebut e-marketing. Para pelaku usaha lebih
memilih berpromosi dengan menggunakan e-marketing karena lebih mudah
dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral
marketing dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada
bejos milk cafe di kota Metro.
Jenis penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif dan dalam
penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk mengumpulkan
data di lapangan dengan mengambil sampel dari suatu populasi sebanyak 60
responden pada konsumen Bejos milk cafe. Uji persyaratan analisis
menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji homogenitas. Pengujian
model analisi koefisien determinasi (R
2
). Dan menggunakan uji hipotesis
statistik. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisi linier bergandan dengan
uji t diperoleh Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian pada Bejos Milk Cafe, sedangkan kepercayaan
konsumen tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian
pada Bejos Milk Cafe. Dari uji F diperoleh viral marketing dan kepercayaan
konsumen secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap
keputusan pembelian.