Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain model alat ukur
osiloskop pada pembelajaran materi gelombang sinyal listrik laboratorium fisika
SMK 3 Muhammadiyah Metro dan Universitas Muhammadiyah Metro yang
diharapkan dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep gelombang
sinyal listrik arus bolak-balik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
Research and Development (R&D). Model yang digunakan adalah model ADDIE
yang merupakan singkatan dari tahapan analisis (analysis), desain (design),
pengembangan (development), mplementasi (implementation), dan evaluasi
(evaluate). nstrumen yang digunakan adalah angket penilaian. Jenis angket yang
digunakan ada dua yaitu pertama angket validasi ahli materi dan media, dan kedua
angket respon peserta didik dan guru. Produk yang dihasikan dari penelitian ni
berupa alat ukur gelombang sinyal listrik berupa osiloskop digital portabel yang
menggunakan mikrokontroler STM32 pada fungsi osiloskop dan Arduino nano
pada fungsi generator frekuensi. Hasil pengukuran uji coba alat pada pengukuran
tegangan efektif memiliki nilai error rata-rata sebesar 0,015 dan untuk kesalahan
relatifnya sebesar 2,2%, kemudian pada pengujian generator frekeuensi memiliki
rata rata nilai error 4 dan kesalahan relatifnya sebesar 0,6%. Kemudian dilanjutkan
dengan hasil uji validasi ahli materi dan media memperoleh nilai presentase ratarata
sebesar
Validasi
penilaian
ahli
materi
mendapatkan
hasil
83%
dengan
kriteria
sangat,
validasi
penilaian
ahli
media
mendapatkan
hasil
78%
dengan
kriteria
valid,
dan
penilaian
uji
coba
lapangan
mendapatkan
hasil
88%
dengan
kriteria
sangat
layak,
dari
beberapa
penilaian
tersebut
maka
dapat
disimpulkan
bahwa
alat
yang
dikembangkan
layak
digunakan
sebagai
alat
ukur
gelombang
sinyal
listrik.