Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-
faktor motivasi dalam meningkatkan minat berwirausaha di Pondok Pesantren
Darul musthof. Kaitan faktor-faktor motivasi sangat erat dengan minat, faktorfaktor
motivasi sangat mempengaruhi timbulnya minat seseorang untuk
mengambil tindakan dalam mencapai tujuan, permasalahan saat ini adalah
kurangnya minat bewirausaha pada santri oleh sebab itu harus ada motivasi
yang dapat menimbulkan minatnya untuk berwirausaha. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitianna
adalah studi kasus. Penentuan subjek penelitian atau responden dalam
penelitian ini menggunakan metode Non-probality Sampling. Menurut sugiyono
(2018: 218) non-probality sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak
memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota
populasi untuk dipilih menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling yang digolongkan dalam nonprobality sampling. Purposive
sampling adalah tekning pengambilan sampel sumber data dengan
pertimbangan tertentu. Setiap orang pasti menginginkan hal-hal yang
menguntungkan bagi mereka dan tentunya ingin menjadi orang yang beruntung
dalam segala hal. Seperti keberhasilan diri, kebebasan dalam bekerja serta
toleransi akan resiko merupakan suatu hal yang menguntungkan bagi seseorang
oleh sebab itu hal ini menjadi faktor motivai seseorang untuk berwirausaha. Hasil
Penelitian ini menunjukan bahwa seluruh faktor-faktor motivasi seperti toleransi
akan resiko, kebebasan dalam bekerja dan keberhasilan diri dapat meningkatkan
minat berwirausaha.
.