Abstract :
Peran guru bukan hanya satu-satunya sumber belajar akan tetapi
sebagai mediator dan fasilitator dalam rangka membantu optimalisasi belajar
siswa. Metode yang digunakan sudah cukup variatif, tetapi masih banyak
siswa yang belum mencapai hasil belajar sesuai dengan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk ?untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model Word Square terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas
X SMA Ma?arif NU 5 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022.
Metode penelelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental
dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Bentuk desain eksperimen
yang digunakan adalah Quasi Experimental Design jenis Nonequivalent
Control Group Design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X4 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan.
Sampel ditentukan dengan cara Purposive Sampling. Instrumen penelitian ini
menggunakan soal tes dan analisis data menggunakan uji regresi liner
sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dengan penghitungan analisis data
diperoleh nilai thitung > ttabel, dan terlihat bahwa pada taraf signifikan 5% yaitu
3,005 > 1,71, yang dapat dilihat pada daftar G tabel statistik, maka hipotesis
diterima. Pengaruh Word Square terhadap hasil belajar ekonomi siswa dapat
dilihat pada perbandian hasil Pre-test dan Post-test yaitu 64,3% meningkat
menjadi 72,7% dan peningkatan rata-rata 8,4%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan pembelajaran Word Square
berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Ma?arif NU 5
Purbolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022.