DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MA’ARIF NU 5 PURBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
nugroho, himawan
Subject
Ilmu Ekonomi 
Datestamp
2022-02-25 03:07:06 
Abstract :
Peran guru bukan hanya satu-satunya sumber belajar akan tetapi sebagai mediator dan fasilitator dalam rangka membantu optimalisasi belajar siswa. Metode yang digunakan sudah cukup variatif, tetapi masih banyak siswa yang belum mencapai hasil belajar sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk ?untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Word Square terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Ma?arif NU 5 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Sampel ditentukan dengan cara Purposive Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes dan analisis data menggunakan uji regresi liner sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dengan penghitungan analisis data diperoleh nilai thitung > ttabel, dan terlihat bahwa pada taraf signifikan 5% yaitu 3,005 > 1,71, yang dapat dilihat pada daftar G tabel statistik, maka hipotesis diterima. Pengaruh Word Square terhadap hasil belajar ekonomi siswa dapat dilihat pada perbandian hasil Pre-test dan Post-test yaitu 64,3% meningkat menjadi 72,7% dan peningkatan rata-rata 8,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan pembelajaran Word Square berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Ma?arif NU 5 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro