Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan layanan
yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling dalam Membangun Karakter
Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Boarding School Al Amin Seputih Banyak
Lampung Tengah. 2) Untuk mengetahui layanan yang diberikan guru Bimbingan
dan Konseling dalam Membangun karakterPeserta Didik di SMP Muhammadiyah
Boarding School Al Amin Seputih Banyak Lampung Tengah. 3) Untuk
mengetahui hasil layanan Bimbingan dan Konseling yang telah diberikan guru
Bimbingan dan Konseling dalam Membangun karakterPeserta Didik di SMP
Muhammadiyah Boarding School Al Amin Seputih Banyak Lampung Tengah.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai pengumpul
data penelitian sekaligus menganalisis data. Teknik pengumpulan sumber data
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis data deskriptif induktif.
Kesimpulan penelitian ini adalah persiapan layanan Bimbingan dan
Konseling dengan melakukan beberapa persiapan yang sesuai dalam layanan
Bimbingan dan Konseling. Dari persiapan yang matang dan sesuai seperti
menyusun program dan satlan itu lah guru Bimbingan dan Konseling dapat
memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhkan peserta didik. Selain itu
guru Bimbingan dan Konseling juga melakukan assesment seperti menyebar
angket dan berupaya untuk membantu peserta didik agar dapat memahami dan
mengerti betapa pentingnya karakter yang baik bagi kehidupan peserta didik.
Hasil yang diperoleh guru Bimbingan dan Konseling setelah pelaksanaan
layanan klasikal adalah mulai adanya perubahan pada prilaku peserta didik
karena termotivasi dengan karakter nabi Muhammad sholallahu alaihi wa salam
pantauan dan perkembangan peserta didik tetap dilakukan agar peserta didik
termotivasi dan dapat menanamkan karakter yang baik kedalam diri peserta
didik.