Abstract :
Penelitian dengan judul upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dari keluarga broken home yang berasal darSMP Negeri 1 Batanghari, dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskripsi menggunakan metode wawancara dan observasi agar mendapatkan data-datayang diinginkan dan data yang diperoleh peneliti berupa dokumentasi dan jawabanjawaban dari hasil wawancara. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu guru Bimbingandan Konseling memiliki data-data nilai dan program semesteran, bulanan dan tahunanDalam memberikan bantuan dengan empat cara yaitu tahap identifikasi, tahap perancangan, tahap penanganan dan tahap evaluasi. Guru Bimbingan dan Konselingmemberikan bantuan berupa layanan konseling individu sesuai dengan kebutuhanpeserta didik, dalam melakukan layanan guru Bimbingan dan Konseling menggunakan teknik fokus, karena membuat peserta didik memusatkan perhatiannya atau intpermasalahan pada pokok bahasan atau pembicaraan, dengan fokus tujuan awal akan membuat guru Bimbingan dan Konseling lebih mudah membantu menangani masalah yang sedang dialami dan guru Bimbingan dan Konseling bekerja sama dengan guru mata pelajaran, wali kelas dan salah satu orang tua.