Abstract :
Belajar merupakan suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua
orang dan berlangsung seumur hidup, sejak masih bayi hingga ke liang lahat
nanti. Salah satu pertanda bahwa seorang telah belajar sesuatu adalah adanya
perubahan tingkah laku dalam dirinya. Maka dari itu penulis ajukan adalah adakah
pengaruh kecerdasan interpersonal guru terhadap aktivitas belajar siswa Kelas V
SDIT Al Muhsin Metro TP. 2020/2021? Adapun Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kecerdasan interpersonal dan aktivitas belajar siswa Kelas V SDIT Al
Muhsin Metro TP. 2020/2021 sekaligus untuk mengetahui pengaruh antara
keduanya.
Jenis penelitian yang digunakan berdasarkan judul yaitu jenis kuantitatif,
yang menurut Sugiyono ?Penelitian Kuantitaatif merupakan penelitian yang
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih?. Dengan
hubungan kausal yang artinya yaitu hubungan yang bersifat sebab akibat. Jadi
disini ada variabel independen (yang mempengaruhi) dan dependen (yang
dipengaruhi). Sifat penelitian adalah penelitian lapangan (file research) yaitu
penelitian lapangan yang mengacu pada hasil penelitian dilapangan (tempat lokasi
penelitian dilakukan).
Dalam membuktikan kebenaran dari permasalahan tersebut sudah barang
tentu harus dengan alat pengumpul data yang tepat dan akurat sesuai dengan
sasaran dalam hal ini penulis menggunakan alat pengumpul data: angket,
interview, dokumentasi dan observasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang
telah terkumpul penulis menggunakan analisa Chi Kuadrat.
Dan dari perhitungan mendapatkan hasil diperoleh hasil x hitung sebesar
1,551, yang kemudian setelah dikonsultasikan dengan X tabel dengan db = 6 baik
pada taraf 1% (12,017) maupun pada taraf sig. 5% (16,812) ternyata nilai X
hitung lebih kecil dari X tabelnya. Sehingga pada penelitian ini hipotesis alternatif
(Ha) ditolak dan Ho diterima namun dengan tingkat hubungan rendah.
Sehingga kecerdasan interpersonal siswa tidak berpengaruh terhadap
aktivitas belajar siswa Kelas V SDIT Al Muhsin Metro TP. 2020/2021.