Abstract :
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanperan guru menghadapi
revolusi industri dalam menerapkan pembelajaran berbasis digital, untuk
mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis digital oleh guru di SMA
Negeri 1 Rawa Pitu di era Revolusi Industri 4.0, untuk mendeskripsikan kendala
dan solusi untuk mengatasi perihal tersebut pada saat melaksanakan proses
pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data sekaligus
menganalisisnyasetelah diperoleh dari lapangan. Prosedur pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk
memperoleh data berupa pelaksanaan supervisi akademik dan kualitas
pembelajaran guru. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data
induktif yang dimulai dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Peran guru dalam menghadapi
tantangan masa Revolusi Industri 4.0 adalah guru berperan sebagai penyedia
atau fasilitator dalam pembelajaran. Guru sebagai pengembang maka dalam
pembelajaran guru harus mampu menciptakan inovasi-inovasi pmebelajaran.
Guru sudah melakukan pembelajaran dan mengembangkan pembelajaran ke
arah pembelajaran daring. Walau hal ini tetap membutuhkan pembelajaran
secara luring untuk kegiatan praktikum. Tantangan yang dihadapi guru di era ini
adalah penguasaan IT, profesionalisme, kreativitas pembelajaran,
ketidaksesuaian waktu dengan beban belajar, serta sikap tidak mau berubah dari
guru.