Abstract :
Kinerja guru merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang
dicapai oleh seorang guru, peningkatan produktivitas guru dipengaruhi oleh
faktor-faktor supervisi akademik dan kompetensi profesional. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis: (1) Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja
guru, (2) Pengaruh disiplin guru terhadap kinerja guru, dan (3) Pengaruh
supervisi akademik dan disiplin guru secara bersama-sama terhadap kinerja
guru.
Populasi sebanyak 373 dengan sampel yang digunakan sebanyak 79
responden yang diambil mengunakan rumus Slovin. Pengambilan data pada
penelitian ini menggunakan kuisioner dan sebagai alat bantu olah data penelitian
digunakan aplikasi Statistical Program for the Social Sciences (SPSS). Hasil
analisis regresi yang diperoleh dalam penelitian ini baik secara parsial maupun
simultan pada taraf sinifikansi 5%, sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh positif
supervisi akademik terhadap kinerja guru SMK Negeri se-kabupaten lampung
Timur. Hal ini dapat diterangkan oleh persamaan regresi ?.=57,997+0,424X1..
Dari hasil penelitian tersebut diketahui pengaruh supervisi akademik terhadap
kinerja guru sebesar 19,2%, (2) Terdapat pengaruh positif disiplin guru terhadap
kinerja guru SMK Negeri se-kabupaten lampung Timur. Hal ini dapat diterangkan
oleh persamaan regresi ?.=59,594+0,362X2. Dari hasil penelitian tersebut
diketahui pengaruh disiplin guru terhadap kinerja guru sebesar 14,0%, dan (3)
Terdapat pengaruh positif supervisi akademik dan disiplin guru secara bersamasama
terhadap kinerja guru SMK Negeri se-kabupaten lampung Timur. Hal ini
dapat diterangkan oleh persamaan regresi ?.=4 4 , 1 8 4 +0,332X1
+ 0,228X2
. Dari
hasil penelitian tersebut diketahui pengaruh supervisi akademik dan disiplin guru
secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 23,9%. Hasil penelitian ini
mengindikasikan bahwa semakin baik supervisi akademik dan disiplin guru
maka akan semakin baik pula kontribusi terhadap kinerja guru.
Simpulan dari hasil penelitian ini adalah Supervisi akademik dan disiplin
guru baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap kinerja
guru SMK Negeri se-Kabupaten Lampung Timur.