Abstract :
Tujuan penelitian ini : (1) untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan
kepala sekolah terhadap kinerja guru Bimbingan konseling.(2).Mengetahui
pengaruh kompetensi pedagogik guru guru bimbingan konseling (3) untuk
mengetahui pengaruh secara bersama-sama kepempinan kepala sekolah dan
kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru bimbingan konseling. Populasi
dalam penelitian ini sebanyak 35 guru terdiri atas 22 guru bimbingan konseling
dan 13 kepala Sekolah SMA di Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran
2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
kuesioner.Populasi penelitian sebanyak 55 guru tersebut diambil sampel
sebanyak 35 melalui teknik pengambilan sampel secara random.Anaisis data
dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan, persamaan
regresi linier sederhana, persamaan regresi linier ganda dan uji hipotesis.
Pengujian hipotesis alam penelitian ini menggunakan uji F dan uji t. Dari hasil
penelitian bahwa rata-rata perolehan skor kepemimpinan kepala sekolah sebesar
2,75, kompetensi pedagogik sebesar 3,546 dan kinerja guru bimbingan
konseling. Saran agar dinas pendidikan melakukan pembinaan terhadap kinerja
kepala sekolah dan guru bimbingan konseling melalui pengawas sekolah dan
pengawas bidang studi untuk meningkatkan kinerja guru meningkatkan
kompetensi pedagogik guru bimbingan konseling dan peneliti berikutnya
diharapkan dapat menggunakan variabel-variabel lain yang lebih banyak faktorfaktor
yang
dapat
mempengaruhi
kinerja
guru
bimbingan
konseling.