Abstract :
Peningkatan kinerja guru sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan
pendidikan . Adapun kinerja guru merupakan hasil yang dapat dicapai oleh guru
dalam melaksanakan tugas-tugas yang diamanahkan kepadanya, yang
didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan. Untuk
meningkatkan kinerja guru dibutuhkan peranan kepala sekolah.
Permasalahan penelitian adalah bagaimana peranan kepala sekolah
dalam meningkatkan kinerja guru SMA Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung
Timur?. Bagaimana langkah-langkah kepala sekolah dalam meningkatkan
kinerja guru di SMA Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur?. Bagaimana
kendala-kendala dan soulusi kepala sekolah dan soulusi dalam meningkatkan
kinerja guru di SMA Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur?. Tujuan
penelitian ini adalah menjelaskan peranan kepala sekolah dalam
meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur,
menyebutkan langkah-langkah kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru
di SMA Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur, menguraikan kendala-
kendala dan solusi kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru di SMA
Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur.
Hasil penelitian, Peranan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja
guru di SMA Negeri 1 Kibang, cara kepala sekolah meningkatkan kinerja guru
adalah dengan pembinaan disiplin, menjadi teladan bagi guru dan peserta didik,
mengadakan seminar dan pelatihan, bekerja sama dengan lembaga pendidikan
lain, memberi kesempatan kepada guru untuk saling mengadakan supervisi,
menyediakan dan mengoptimalkan sarana dan perlengkapan pendidikan.
Pemberian motivasi kepada guru, kerja sama yang harmonis, melibatkan guru
dalam setiap kegiatan, berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan
guru dalam menjalankan tugasnya, pemberian penghargaan kepada guru untuk
meningkatkan kinerja, memberikan rasa aman di sekolah, damai, menerapkan
prinsip kekeluargaan yang didasari niat ibadah. Kendala-kendala yang dihadapi
kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah Belum efektifnya
evaluasi program, Mekanisme kontroling dan evaluasi,. Solusi yang dilakukan
kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah mengefektifkan
evaluasi program pembelajaran, meningkatkan kontrol dan evaluasi program
kegiatan, mengajak atau melibatkan wali peserta didik dalam perencanaan
program sekolah, melengkapi sarana prasarana baik dengan pengadaan
barang maupun pengajuan bantuan terhadap pemerintah, melakukan penataan
dengan menyiapkan ruangan khusus untuk dokumen sekolah, melaksanakan
program supervisi dan tindak lanjut, melaksanakan pelatihan-pelatihan baik
tentang metode pembelajaran maupun tentang peningkatan penguasaan
teknologi para tenaga pendidik.