Abstract :
Penelitian ini mengambil fokus yaitu persepsi guru tentang penggunaan
e-book (1) dalam pembelajaran TKJ (teknik komputer dan jaringan) (2) di SMK
Negeri 1 Gedung Aji Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini dilaksanakan
mulai tanggal 22 Maret 2021 sampai tanggal 2 April 2021.
Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian berjenis
fenomenologi, yaitu mengungkap fenomena yang terjadi terkait fokus penelitian.
Populasi penelitian ini adalah guru SMK Negeri se-Kecamatan Gedung Aji.
Sementara untuk penentuan sampel menggunakan purposive sampling.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi (1)
mengorganisasikan data (2) membaca dan membuat memo (3) mendeskripsikan,
mengklasifikasi dan menafsirkan data (4) menyajikan data. Adapun kerangka
penelitian yang digunakan memakai Technology Acceptance Model (TAM) yang
berfokus pada mobilitas, fasilitas, resistance to change dan self efficacy.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. guru SMKN 1 Gedung Aji
mempersepsikan penggunaan e-book sebagai (a) kemudahkan mencari bahan
ajar (efikasi diri), (b) dapat memberi wawasan yang luas (efikasi diri), (c) sesuai
dengan kebutuhan (mobilitas), (d) variasi dengan berbagai sumber lainnya
(mobilitas, dan fasilitas), (e) efisiensi penggunaan e-book menurut guru SMKN 1
Gedung Aji tergantung umur dan zaman pemakainya (resistance to change), (2)
Kendala yang dirasakan guru yaitu jaringan internet yang lemah, membutuhkan
kapasitas memori yang besar, memerlukan perangkat elektronik yang canggih,
membutuhkan baterai handphone yang besar, membutuhkan kuota Internet yang
banyak dan ukuran font yang kecil.