Abstract :
Penguasaan aplikasi myob accounting dan motivasi belajar dalam dunia pendidikan
merupakan faktor yang sangat mempengaruhi presatasi belajar siswa. Dalam penelitian ini,
masalah yang dihadapi adalah untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh penguasaan
aplikasi myob accounting dan motivasi belajar terhadap preatasi belajar siswa mata
pelajaran komputer akuntansi di SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Tulang Bawang Barat
Lampung pada mata pelajaran Komputer Akuntansi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penguasaan aplikasi myob
accounting dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran komputer
akuntansi di SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Tulang Bawang Barat Lampung.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan metode deskriptif verifikasi
dengan pendekatan Survey, yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
penguasaan aplikasi myob accounting dan motivasi belajar terhadap preatasi belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI perbankan syariah dan akuntansi, kelas
XII perbankan syariah dan akuntansi yang berjumlah 112 siswa. Dari populasi tersebut
diambil sampel secara acak sejumlah 53 siswa. Variabel penelitian ini adalah penguasaan
aplikasi myob accounting (X1), motivasi belajar (X2) dan prestasi belajar siswa (Y). Tehnik
pengumpulan data dengan dokumentasi, dan angket. Hipotesis penelitian ini menggunakan
korelasi pearson product moment.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian melalui hasil uji hipotesis Nilai thitung variabel
penguasaan aplikasi myob accounting secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar
karena nilai thitung > ttabel yaitu 2.633 > 2019 atau nilai signifikan 0,011 < 0,05 dan ada
pengaruh motivasi belajar terhadap Prestasi belajar siswa nilai t hitung > t tabel yaitu 9.998 <
2019 atau nilai sigfinikan 0,000 < 0,05. Hasil uji hipotesis simultan dinyatakan secara
bersama-sama berpengaruh penguasaan aplikasi myob accounting dan motivasi belajar
terhadap Prestasi belajar siswa yaitu nilai fhitung > ftabel yaitu 112.556 > 3.179 atau nilai
signifikasi 0,018 < 0,05. Dan Hasil Uji Koefisien Determinasi variabel (X1, X2) secara
bersama-sama terhadap (Y) diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0,818. Hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa nilai kemampuan dari variabel bebas terhadap variabel terikat
amat terbatas.
Artinya besarnya pengaruh variabel penguasaan aplikasi Myob Accounting (X1) dan Motivasi
Belajar (X2) secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa (Y) adalah sebesar
81,8% sedangkan sisanya sebesar 19,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji pada
penelitian ini