Abstract :
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)
Mendeskripsikan bagaimanakah lagkah-langkah manajemen kepala sekolah dalam
meningkatkan produktivitas kerja guru di TK Al-Falah Bandar Jaya Barat Terbanggi
Besar Lampung Tengah. (2) Mendeskripsikan bagaimanakah proses tingkatan
produktivitas kerja guru di TK Al-Falah Bandar Jaya Barat Terbanggi Besar Lampung
Tengah. (3) Mengetahui apa sajakah faktor yang mempengaruhi manajemen kepala
sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di TK Al-Falah Bandar Jaya Barat
Terbanggi Besar Lampung Tengah. (4) Mengetahui apa sajakah solusi dari manajemen
kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di TK Al-Falah Bandar Jaya
Barat Terbanggi Besar Lampung Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik dalam pengumpulan
data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan teknik reduksi data, teknik penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang telah tercapai adalah: (1) Dalam memanajemen guru-gurunya di TK Al-Falah
Bandar Jaya Barat, kepala sekolah telah mengambil langkah yang tepat yakni:
memotivasi semangat kerja, pembinaan disiplin, memberikan konsultasi, memberikan
penghargaan, menunjukkan sikap dan peilaku teladan, melakukan kunjungan kelas,
mengembangkan profesi guru, dan membangun kelompok kerja aktif, (2) Tingkatan
proses produktivitas kerja guru mengalami perubahan yang signifikan, ini ditandai
dengan perubahan penilaian keaktifan dari para guru-guru TK Al-Falah, (3) Faktor
penghambat manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru
diantaranya: (a) dana yang didapat hanya dari SPP siswa, (b) fasilitas pendidikan yang
belum memadai, (c) kesejahtraan guru yang belum terpenuhi, dan (d) kegiatan supervisi
belum dilakukan secara kontinu. Sedangkan faktor pendukung antara lain: (a) Ketaatan
dan kepatuhan guru-guru terhadap nilai kedisiplinan yang telah ditetapkan oleh sekolah,
(b) Kesadaran dan kedisiplinan guru-guru dalam menjalankan kewajibannya untuk
melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan (c) Keinginan yang antusias dan semangat
dari guru-guru untuk berpartisipasi dalam mengikuti pelatihan-pelatihan dan berperan
aktif dalam kegiatan MGMP.
Solusi kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru adalah: (a) Terus
meberikan motivasi yang sifatnya membimbing guna meningkatkan kesadaran dan
kedisiplinan para guru di TK Al-Falah, (b) Memfasilitasi sarana dan prasarana belajar
dengan menggunakan media berbasis IT misalnya, computer, laptop, LCD dan
pengadaan buku-buku sebagai penambah referensi wawasan guru dan siswa, (c) Selalu
memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin melanjutkan mengikuti pelatihan,
seminar pendidikan ataupun diklat guna menambah wawasan akademik para guru.