Abstract :
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini salah satunya adalah berkaitan dengan sumber daya manusia antara lain mengelola sumber daya manusia
untuk menciptakan kemampuan (kompetensi) Sumber Daya Manusia,
mengelola diversitas tenaga kerja untuk meraih keunggulan kompetitif, ,
mengelola sumber daya manusia untuk menghadapi globalisasi.
Adapun Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
penelitian Explanatory yaitu model pemecahan masalah yang menguraikan
masalah dan menjelaskannya berdasarkan data-data yang ada dalam
mengulas secara pendekatan teori dan angka angka yang berhubungan satu
dengan lainnya. Penelitian ini menggunakan 31 responden penelitian. Ada
tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan
1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi (X1) dan motivasi kerja guru (X2)
sebagai variabel bebas dan kualitas pembelajaran (Y) sebagai variabel terikat.
Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni
sebagai berikut; terdapat pengaruh kompetensi (X1) terhadap kualitas
pembelajaran (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 75,6% yang
berarti kompetensi memberikan pengaruh sebesar 75,6% terhadap kualitas
pembelajaran. Terdapat pengaruh antara motivasi (X2) terhadap kualitas
pembelajaran (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 35% yang berarti bahwa
motivasi memberikan pengaruh sebesar 35% terhadap kualitas pembelajaran.
Terdapat pengaruh antara kompetensi (X1), motivasi (X2) dengan kualitas
pembelajaran (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 74,4% yang berarti
bahwa kompetensi dan motivasi memberikan pengaruh sebesar 74,4%
terhadap kualitas pembelajaran.