Abstract :
Guru merupakan tenaga profesional yang harus selalu memperbaharui
ilmunya baik dalam ilmu kependidikannya maupun disiplin ilmu yang diampunya
melalui kegiatan-kegiatan pengembangan diri yang diadakan berbagai pihak.
Pembinaan profesi dengan tujuan pembinaan profesi sebagai guru dan jenjang
karir. Pemberdayaan profesi guru diselenggarakan melalui pengembangan diri
yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan
berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan,
nilai kultural, kemajemukan bangsa, dan kode etik profesi guru. Usaha
peningkatan mutu dan profesionalitas guru sangat berhubungan erat dengan
efektivitas kegiatan supervisi. Pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru
IPS belum dilaksanakan dengan baik, masih terdapat beberapa hal yang menjadi
kendala, baik supervisor maupun kesiapan yang akan disupervisi. Berdasar hal
tersebut, maka perlu dilakukan penelitian terhadap pelaksanaan supervisi
akademik di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah seberapa jauh Pelaksanaan
Supervisi Akademik, analisa hasil supervisi akademik serta kekurangan dan
kelebihan supervisi akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru IPS di
SMP se Kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang Lampung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun fokus
penelitian adalah Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Peningkatan
Profesionalisme Guru IPS di SMP se Kecamatan Banjar Margo Kabupaten
Tulang Bawang Lampung..
Hasil dan kesimpulan yang didapat adalah perencaaan, pelaksanaan,
dan evaluasi supervisi akademik sudah dilakukan dengan baik oleh kepala
sekolah terhadap guru IPS dan berdampak pada peningkatan profesionalisme
guru IPS SMP sekecamatan Banjar Margo.