Abstract :
Produktivitas kerja guru berkaitan dengan orientasi pekerjaan yang
melebihi dari yang seharusnya dibebankan. Produktivitas kerja guru akan
nampak pada situasi dan kondisi kerja sehari-hari mencakup sikap mental dan
perilaku guru yang selalu mempunyai pandangan bahwa pekerjaan yang
dilaksanakan hari ini harus lebih berkualitas dari pada pekerjaan di masa lalu dan
pekerjaan pada saat yang akan datang lebih berkualitas dari pada saat ini..
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pengaruh iklim sekolah
terhadap produktivitas kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Air Naningan
Kabupaten Tanggamus Lampung, (2) Pengaruh budaya kerja terhadap
produktivitas kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Air Naningan Kabupaten
Tanggamus Lampung, dan (3) Pengaruh atau tidak iklim sekolah dan budaya
kerja secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja guru SMP Negeri di
Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung.
Populasi sebanyak 60 dan sampel diambil dengan teknik Probability
Sampling dengan menggunakan pendekatan Random Sampling, yaitu
menentukan jumlah sampel yang tidak homogen dan secara acak. Sebagai
sampel yang digunakan sebanyak 38 responden ditetapkan jumlahnya dengan
menggunakan rumus Slovin. Pengambilan data ini dengan angket dan
menggunakan regresi sebagai alat bantu penelitian. Hasil analisis penelitian
adalah (1) Ada pengaruh positif iklim sekolah terhadap produktivitas kerja guru
SMP Negeri di Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung
sebesar 23,8%. (2) Ada pengaruh positif budaya kerja terhadap produktivitas
kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus
Lampung sebesar 7,7%. (3) Ada pengaruh positif antara iklim sekolah dan
budaya kerja secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja guru SMP
Negeri di Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung sebesar
31,5%. Dengan demikian hasil penelitian ini menjelaskan iklim sekolah dan
budaya kerja mempengaruhi produktivitas kerja guru.
Peneliti menyimpulkan bahwa iklim sekolah dan budaya kerja
mempengaruhi produktivitas kerja guru, sehingga dengan terciptanya iklim
sekolah yang kondusif, nyaman dan harmonis dapat menimbulkan budaya kerja
yang tinggi sehingga produktivitas kerja guru juga akan semakin meningkat.