Abstract :
Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan
peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional
diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk
mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam
ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur,
dan berkepribadian. Tujuan penelitian 1. Mengetahui pengaruh budaya sekolah
terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah sekota Metro Lampung, 2.
Mengetahui pengaruh motivasi Kepala Sekolah terhadap kinerja guru di SMK
Muhammadiyah sekota Metro Lampung. 3. Mengetahui pengaruh budaya
sekolah dan motivasi Kepala Sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja
guru di SMK Muhammadiyah sekota Metro Lampung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan proporsional
random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sebelum instrumen
digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitasnya. Populasi
dalam penelitian ini adalah guru yang ada di SMK Muhammadiyah se-kota Metro
Lampung. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi.
Hasil dari penelitian adalah berdasarkan nilai model summary budaya
sekolah (X1) diketahui nilai (R
) = 0,101, hal ini berarti bahwa variabel budaya
sekolah memiliki kecenderungan sebesar 10,1% terhadap peningkatan kinerja
guru. motivasi Kepala Sekolah (X2) diketahui nilai (R
2
) = 0,116. Hal ini berarti
bahwa variabel motivasi Kepala Sekolah memiliki kecenderungan sebesar 11,6%
terhadap peningkatan kinerja guru. Secara bersama-sama di ketahui nilai R
2
=
0,116. Hal ini berarti bahwa variasi nilai variabel Y yang dapat dijelaskan oleh
model regresi adalah 11,6% dan selebihnya atau sebesar 88,4% variasi nilai
variabel Y dipengaruhi oleh variabel di luar model regresi. Ada pengaruh yang
positif budaya sekolah terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah sekota
Metro yaitu sebesar 10,1%. Ada pengaruh yang positif motivasi Kepala Sekolah
terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah sekota Metro yaitu sebesar 11,6%.
Ada pengaruh yang positif budaya sekolah dan motivasi Kepala Sekolah secara
bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah
sekota Metro yaitu sebesar 11,6%.
2