Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk mengefektivkan pengelolaan Dana Bantuan
Operasional Sekolah di SD Negeri 1 Kaliwungu Kecamatan Kalirejo kemudian
melihat kendala dalam pengelolaan Dana Bantuan Operasinal Sekolah dan mencari
solusi dalam pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SD Negeri 1
Kaliwungu Kecamatan Kalirejo agar dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional
Sekolah bisa sesuai denga petunjuk teknis dari pemeritah serta mampu dirasakan
manfaatnya secara nyata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi yang akan dilaksanakan di tempat penelitian.
Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan
pertanggungjawaban penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah
tersebut. Deskriptif kualitatif menganut paham fenomenologis dan postpositivisme,
fenomenologis mengkaji penampakan atau fenomena yang mana antara fenomena
dan kesadaran tidak terisolasi satu sama lain melainkan selalu berhubungan secara
dialektis. Berdasarkan hasil dari validasi maka Pengelolaan dana Bantuan
Operasional Sekolah sudah dilaksanakan dengan efektiv oleh tim manajemen
Bantuan Operasional Sekolah, pengelolaan yang dilakukan adalah dengan
melakukan perencanaan, penggunaan dan Pelaporan. Kendala yang dialami dalam
pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah adalah tidak adanya sumber daya
manusia yang berlatar belakang pengelola keuangan kemudian tim manajemen
Bantuan Operasional Sekolah belum pernah mengikuti pelatihhan pengelolaan dana
Bantuan Operasional Sekolah, serta kurang aktifnya warga sekolah dalam berperan
serta aktif dalam upaya pengembangan sekolah. Upaya untuk mengatasi kendala
tersebuat ada beberapa solusi dalam menanganinya yaitu tim manajemen Bantuan
Operasional Sekolah yang solid dan saling support dalam melaksanakan tugasnya
serta membantu dalam segala kegiatan untuk melengkapi kekurangan masingmasing
individu, melibatkan semua warga sekolah untuk lebih aktif lagi dalam
mengembangkan sekolah.