Abstract :
Keberhasilan pendidikan dalam sekolahan sangat ditentukan oleh mutu
pendidikan. Sedangkan mutu pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor. Kepemimpinan
kepala sekolah dan kinerja guru merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi mutu
pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah kepemimpinan
kepala sekolah berpengaruh terhadap mutu pendidikan? (2) apakah kinerja guru
berpengaruh terhadap mutu pendidikan?, (3) apakah kepemimpinan kepala sekolah dan
kinerja guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap mutu pendidikan?. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu
pendidikan, pengaruh kinerja guru terhadap mutu pendidikan, dan pengaruh
kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap mutu
pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kabupaten Lampung Timur.
Penelitian ini dilaksanakan tanggal 15 Februari sampai dengan 28 Maret 2021.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yang terdapat tiga
variabel yaitu kepemimpinan kepala sekolah (X1), kinerja guru (X2), dan mutu pendidikan
(Y). Sampel dalam penelitian ini adalah 71 orang guru. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah angket dan kuesioner.Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan
kepemimpian kepala sekolah terhadap mutu pendidikan sebesar 7,7%, (2) ada pengaruh
positif dan signifikan kinerja guru terhadap mutu pendidikan sebesar 15,9%, (3) ada
pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara
bersama-sama terhadap mutu pendidikan sebesar 8,0%.